You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Kramat
Desa Kramat

Kec. Karangmoncol, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

SELAMAT DATANG DI SISTUS RESMI PEMERINTAHAN DESA KRAMAT

Luncurkan Masterplan sebagai Persiapan Desa Wisata Konservasi Kramat

Administrator 07 Agustus 2023 Dibaca 121 Kali

WhatsApp Image 2023-08-06 at 14-08-14

Keindahan alam Desa Kramat dan keberadaan hutan konservasi yang memiliki potensi pengembangan wisata. KKN Desa Kramat mencanangkan suatu program kerja untuk mendorong terwujudnya Desa Kramat sebagai desa wisata konservasi. Program kerja yang dicanangkan yakni Masterplan Desa Wisata. Program ini dirancang untuk merumuskan rencana pembangunan desa wisata sekaligus memberdayakan lahan potensial yang belum dimanfaatkan. 

WhatsApp Image 2023-08-07 at 11-36-43 (1) 

Proses penyusunan Masterplan Desa Wisata Konservasi Kramat melibatkan sejumlah pemangku kepentingan baik dari pemerintah desa dan tokoh masyarakat. Dalam hal ini, penyusunan Masterplan Desa Wisata Kramat dirancang untuk merumuskan rencana pembangunan desa wisata sekaligus memberdayakan lahan potensial yang belum dimanfaatkan.

Kegiatan yang dilakukan dalam penyusunan Masterplan Desa Wisata Kramat:

  1. Sosialisasi terhadap masyarakat sekitar
  2. Identifikasi potensi dan masalah

Masterplan ini diharapkan dapat memuat arahan rencana dan program-program pembangunan kawasan pemukiman yang komprehensif, terpadu, dan berkelanjutan. Sehingga, masyarakat mampu belajar mengelola desa wisata konservasi tersebut secara mandiri.

WhatsApp Image 2023-08-07 at 10-50-16 

Konsep Wisata Desa Kramat

Pembangunan wisata Desa Kramat dilakukan dengan Konsep A.B.C.D (Asset – Based Community Development). Konsep ini berarti Desa Kramat akan membangun pariwisata dengan mengintegrasikan seluruh aset yang dimiliki desa yaitu:

  1. Potensi wisata,
  2. Sumberdaya alam,
  3. Sumberdaya manusia.

Berdasarkan potensi yang dimiliki, pembangunan wisata di Desa Kramat dibagi menjadi 3 zona pengembangan yaitu :

Zona 1: Area Camping

Area camping bertujuan untuk dijadikan basecamp sebelum dan sesudah melakukan konservasi fauna endemik di hutan. Area ini berada di Dusun Kramat Tengah. Kedepannya area ini juga akan dijadikan sebagai tempat pusat kegiatan desa.

Zona 2: Konservasi Fauna Endemik

Konservasi fauna endemik dibangun untuk melakukan pengamatan terhadap fauna endemik Desa Kramat sekaligus sebagai bahan edukasi dan pembelajaran untuk mengenali fauna tersebut.

Zona 3: Curug Mantras

Curug mantras merupakan wisata air yang disuguhkan oleh Desa Kramat sebagai salah satu obyek wisata. Wisatawan dapat mengakses curug tersebut dengan menggunakan kendaraan roda dua dan berjalan beberapa meter untuk dapat menikmati keindahan curug tersebut. Di lokasi ini wisatawan dapat bermain air dengan aman karena curug ini memiliki debit air yang rendah.

 

Meliasari dan Firliana

Tim KKN Unsoed Periode Juli - Agustus 2023

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image