You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Kramat
Desa Kramat

Kec. Karangmoncol, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

SELAMAT DATANG DI SISTUS RESMI PEMERINTAHAN DESA KRAMAT

Pameran Stand UMKM Desa Kramat dalam Kegiatan Desa Binaan

Administrator 03 Agustus 2023 Dibaca 178 Kali

Senin, 17 Juli 2023, Desa Kramat terpilih menjadi tuan rumah dalam rangka kegiatan Desa Binaan di wilayah Kabupaten Purbalingga. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap lima tahun sekali untuk pemeriksaan administrasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kramat. Acara dihadiri oleh Tim Pembina PKK dari Kabupaten Purbalingga, Kecamatan Karangmoncol, dan juga perwakilan TP PKK dari seluruh desa di Kecamatan Karangmoncol.

Dalam kegiatannya, acara dibuka oleh H. Jarwani., S.Pd.I selaku Pembina TP PKK Desa Kramat. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembinaan terhadap setiap Kelompok Kerja (Pokja) Desa Kramat yang dilakukan oleh Tim Pembina PKK Kabupaten. Dalam hal ini, setiap kelompok kerja menyiapkan keperluan administrasi yang dibutuhkan dalam pemeriksaan. Mulai dari data-data dinding, catatan selama kegiatan PKK, serta administrasi lainnya. Kegiatan berlangsung secara tertib, hal ini diperlihatkan dari terstrukturnya peserta yang mengikuti pembinaan.

Selain pemeriksaan administrasi, kegiatan dimeriahkan dengan adanya stand UMKM dari sejumlah desa di Kecamatan Karangmoncol. Setiap desa memamerkan produk UMKM unggulannya, seperti kulit lumpia dari Desa Baleraksa, kembang goyang dari Desa Tunjungmuli, dan Cantir dari Desa Tamansari. Desa Kramat sendiri memamerkan produk unggulannya berupa lepet jagung, mendhut, sapu gelagah, dan berbagai alat besi seperti golok, bendho, pisau, celurit dan lain sebagainya. Setiap stand yang ada dijaga oleh Tim KKN Unsoed Desa Kramat untuk melayani pembelian produk UMKM tersebut. Terlihat juga, setiap stand laris diserbu pengunjung yang berlalu lalang. 

Pameran stand ini diharapkan dapat menjadi branding setiap desa untuk memamerkan produk unggulan yang dimiliki serta menjadi bagian dari ciri khas setiap desa tersebut. Harapannya, setiap UMKM yang terus didorong maju melalui wadah ini mampu menjadi penggerak perekonomian desa.

 

Firliana dan Meliasari

TIM KKN Unsoed Periode Juli - Agustus 2023

"Keren banget kegiatan desa binaan Desa Kramat!! Antusiasnya jempolllll pollll
Kerenamat 03 Agustus 2023
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image