You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Kramat
Desa Kramat

Kec. Karangmoncol, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

SELAMAT DATANG DI SISTUS RESMI PEMERINTAHAN DESA KRAMAT

Dorong Semangat Sekolah Penggerak SDN 2 Kramat Melalui Kegiatan Pramuka

Administrator 03 Agustus 2023 Dibaca 223 Kali

Sabtu, 29 Juli 2023. SDN 2 Kramat sebagai sekolah penggerak yang berada di Dusun 5 (Gembong) terpilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang diinisiasi oleh Tim KKN Unsoed 2023.

Ekstrakulikuler ini bertujuan untuk melatih dan menyiapkan pasukan pramuka kaitannya dalam mempersiapkan perlombaan pramuka sebagai upaya pengembangan minat dan bakat siswa. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 4 hingga 6 yang berjumlah 18 siswa dengan pembagian 2 regu putra dan 2 regu putri yang difokuskan pada tingkat penggalang.

Acara dimulai dengan upacara pembukaan yang dilakukan oleh Kak Hamim selaku pembina pramuka SDN 2 Kramat. Kemudian, dilanjutkan dengan perkenalan anggota KKN Unsoed 2023. Sebagai permulaan siswa diberikan materi berupa pengenalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Materi ini dikemas dalam bentuk games susun kalimat yang sebelumnya telah disampaikan isi dari Tri Satya dan Dasa Darma.

Semangat membara terlihat dari setiap regu dalam menyelesaikan games tersebut. Beberapa dari mereka sudah dapat menyelesaikan games dengan baik dan benar. Akan tetapi, masih terdapat regu yang belum sempurna dalam menyelesaikannya.

Selain itu, siswa juga mendapatkan materi berupa pengenalan atribut pramuka lengkap. Setiap regu diharuskan menempel atribut pramuka lengkap pada gambar yang telah disediakan sebagai tantangannya. Selepas materi, setiap regu diajak untuk mengikuti ice breaking yang berupa menggambar benda menggunakan spidol yang diikat pada bambu, bos berkata, dan lompat beruntun. Ice breaking ini dilakukan sebagai bahan refreshing sekaligus melatih kekompakan setiap regu. 

Acara ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan oleh sejumlah siswa dan pemberian reward untuk regu tergiat. Kemudian setiap regu melebur menjadi satu lingkaran besar untuk melakukan doa bersama sebagai bagian dari penutupan acara.

 

Meliasari dan Firliana

Tim KKN Unsoed Periode Juli - Agustus 2023

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image